5 Gunung Paling Berbahaya di Dunia, Berminat Mendaki?

Mendaki gunung adalah salah satu hobi yang cukup populer ditengah-tengah masyarakat, khususnya kawula muda. Sebab, puncak gunung menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan memukau.

Bahkan, beberapa artis seperti Randy Martin dan Randy Pangalila juga ternyata memiliki hobi mendaki. Tapi tahukah kamu, ternyata tidak semua pegunungan bisa didaki dengan mudah. Pada gunung-gunung tertentu, pendaki bahkan harus rela melewati jalur pendakian yang ekstrem dan sangat berbahaya.

Berikut ini dijelaskan beberapa gunung paling berbahaya untuk didaki. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini yuk!

1. Gunung Eiger – Swiss


Berlokasi di Swiss, Gunung Eiger berada di 3,98 km di atas permukaan laut. Pendakian pertama yang sukses menaklukkan lereng gunung ini terjadi di tahun 1858. Eunung Eiger memiliki sisi utara yang sangat sulit untuk didaki.

Pendakian pertama sebenarnya telah dilakukan di tahun 1935, namun upaya tersebut gagal dan kedua pendaki itu tewas karena cuaca badai yang menerpa. Setelah beberapa kelompok terus berupaya, empat pendaki akhirnya berhasil menaklukkan sisi utara lereng gunung ini pada tahun 1938.

2. Gunung Siple – Antartika


Gunung Siple merupakan gunung berapi paling tinggi yang terdapat di Antartika. Gunung ini menjulang hingga 3.110 meter di atas permukaan laut dan mendominasi sisi barat laut pulau Siple. Du puncak gunung ini, ditemukan sebuah kaldera berukuran 4 kilometer kali 5 kilometer.

Penemaan gunung ini dibuat sesuai dengan peneliti Antartika asal Amerika Serikat, yakni Paul A Siple (1908-1968) yang melakukan ekspedisi sebanyak enam kali ke benua dingin ini.

3. Gangkhar Puesum – Bhutan


Gunung dengan ketinggian 7.570 meter di atas permukaan laut ini dikenal sebagai gunung tertinggi di dunia dan belum pernah didaki oleh siapapun. Terletak tak jauh dari China, gunung Puesum ini tentu sangat menggoda banyak para petualang untuk mencoba peruntungan mereka.

Akan tetapi, pemerintah Bhutan membuat larangan bagi siapa saja yang ingin mendaki gunung dengan ketinggian diatas 6.000 meter. Bukan tanpa alasan, karena sesuai tradisi dan kepercayaan setempat. Puncak gunung seperti ini diyakini sebagai rumah suci para roh leluhur.

Larangan tersebut kemudian diperbarui tahun 2003 dan bahkan melarang semua jenis pendakian gunung di wilayahnya. Alhasil, selama aturan dan larangan ini belum juga dicabut oleh pemerintah Bhutan, maka pendakian di gunung ini hanya akan menjadi khayalan belaka.

4. Gunung Sauyr Zhotsy – Kazakhstan


Gunung yang juga dikenal dengan sebutan Muz Tau ini berada di pegunungan Suar-Tarbagati tepatnya di perbatasan Kazakhstan-China. Meski hanya memiliki ketinggian 3.840 meter di atas permukaan laut, sejauh ini belum ditemukan catatan pendakian yang berhasil mencapai puncak gunung ini.

5. Gunung Everest – Cina/ Nepal


Gunung Everest merupakan salah satu gunung tertinggi di dunia dan sudah sering didaki. Terlepas dari ketenarannya, tercatat setidaknya ada sekitar 210 kematian dari sekitar 3.600 upaya pendakian yang dilakukan.

Itulah tadi 5 gunung paling berbahaya di dunia untuk didaki. Bagaimana, menyeramkan sekali bukan?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta Menarik Gunung Kerinci

Fakta Gunung Everest, Gunung Tertinggi di Dunia

8 Gunung Paling Berhantu di Dunia, Salah Satunya Ada dari Indonesia