5 Rekomendasi Gunung di JawaTengah untuk Pendaki Pemula

Hai sobat blog, siapa nih dari kamu yang hobi mendaki gunung? Mendaki gunung bukan perkara yang gampang, dibutuhkan kondisi fisik dan mental yang kuat untuk memulainya. Masalahnya banyak pendaki pemula yang nekat untuk mendaki gunung tinggi, padahal belum latihan apa-apa. Inilah salah satu penyebab terjadinya kecelakaan saat pendakian.

Kenapa nggak boleh langsung mendaki yang tinggi? Alasanya, jika kamu seorang pendaki pemula dan nekat saja, maka yang terjadi badan akan kaget, mungkin bisa otot yang kena, hipotermia, sakit, dan hal-hal yang tidak diinginkan lainya.

Oleh karena itu, cobalah terlebih dahulu untuk mendaki gunung-gunung yang tidak terlalu tinggi guna membiasakan badan sebelum mendaki gunung yang tinggi.

Nah, buat kamu yang bertempat tinggal di seputaran Jawa Tengah dan Jogja, berikut beberapa rekomendasi gunung untuk pemula.

1. Gunung Api Purba

Buat kamu yang tinggal di Jogja mungkin tidak asing lagi dengan gunung yang satu ini. Gunung Api Purba terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut penelitian geologi, Gunung Api Purba ini sudah ada sejak 60-70 Juta tahun silam. Jika biasanya gunung di kawasan Gunungkidul merupakan batuan cadas, berbeda dengan di kawasan Gunung Api Purba, kawasan Gunung Api Purba didominasi oleh aglomerat dan breksi gunung api.

Gunung Api Purba memiliki ketinggian 700 MDPL dan bisa didaki oleh pengunjung. Trek pendakian gunung ini cocok untuk pendaki pemula, karena tidak terlalu terjal dan banyak landainya. Tetapi juga jangan remehkan gunung ini, karena sepanjang pendakian akan melewati hutan yang masih asri dan suasananya singup. Kira-kira butuh waktu sekitar satu jam perjalanan untuk sampai ke puncak Gunung Api Purba.

2. Gunung Andong

Rekomendasi gunung kedua adalah Gunung Andong Magelang. Gunung yang memiliki ketinggian 1.726 MDPL ini terletak di perbatasan antara Magelang dan Salatiga ini memiliki tipe gunung berbentuk perisai. Karena gunung ini memiliki ketinggian yang cenderung rendah, maka gunung ini menjadi rekomendasi untuk pendaki yang masih pemula.

Trek pendakiannya cenderung menanjak, karena gunung ini berbentuk perisai. Tetapi tenang saja, tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai ke puncak, pengalaman saya mendaki Gunung Andong hanya memerlukan waktu sekitar dua jam, itu pun jalan dengan santai sambil sebats.

Gunung Andong memiliki enam jalur pendakian yang bisa dilalui, antaranya yaitu jalur pendakian Sawit, Pendem, Gugik, Temu, Kadusan, dan Sekararum Kembangan. Buat kamu yang masih pemula, saya rekomendasikan lewat jalur Sawit, karena jalur pendakian ini menurut saya tidak terlalu terjal, dibandingkan dengan jalur lainya.

3. Gunung Prau Wonosobo

Gunung selanjutnya adalah Gunung Prau Wonosobo. Gunung yang satu ini mungkin sudah sangat familiar bagi kalangan pendaki. Gunung yang terletak di kawasan dataran tinggi Dieng, Wonosobo ini selalu dibanjiri oleh pendaki-pendaki pemula. Mengingat trek gunung yang tidak terjal dan memiliki pesona pemandangan yang luar biasa.

Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 MDPL. Gunung yang satu ini berbentuk seperti perahu terbalik, ini menjadi alasan mengapa gunung ini dinamakan Prau/Prahu. Gunung Prau memiliki enam jalur pendakian, antara lain jalur pendakian Patak Banteng, Kali Lembu, Dieng Wetan, Dieng Kulon, Campurejo, dan Wates.

4. Gunung Sepikul

Rekomendasi gunung keempat adalah Gunung Sepikul. Gunung Sepikul ini berada di Kerten, Tiyaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Meski tidak terlalu tinggi, pemandangan dari gunung ini terbilang apik.

Perjalanan untuk menuju puncak hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit saja. Kondisi jalur pendakian juga tidak sulit, ada jalan setapak yang bisa dilintasi para pendaki pemula. Waktu terbaik untuk mendaki di Gunung Sepikul ini yakni menjelang momen matahari terbenam.

5. Gunung Sindoro

Gunung terakhir adalah Gunung Sindoro. Gunung yang berada di Kabupaten Wonosobo ini juga menjadi salah satu favorit pendaki gunung. Gunung Sindoro menyuguhkan lanskap yang cantik baik ketika sunset maupun sunrise.

Ada tiga jalur yang bisa digunakan untuk menuju ke lokasi ini yakni via jalur Sigedang Tambi dan Alang-alang Sewu, serta jalur Kledung. Para pendaki pemula disarankan melalui rute Kledung karena transportasinya lebih mudah.

Nah sobat blog, itulah beberapa gunung yang direkomendasikan untuk pendaki pemula. Tetap jaga kesehatan ya bestie.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta Menarik Gunung Kerinci

Fakta Gunung Everest, Gunung Tertinggi di Dunia

8 Gunung Paling Berhantu di Dunia, Salah Satunya Ada dari Indonesia